Friday 21 September 2012

RPP KIMIA


RENCANA PELAKASAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah             :    SMA ……
Mata Pelajaran           :    Kimia
Kelas / Semester          :    XI IPA / 1
Standar Kompetensi   :    1.  Memahami struktur atom untuk meramalkan sifat – sifat periodic unsure struktur molekul, dan sifat senyawa.
Kompetensi Dasar       :    1.1.    Menjelaskan teori atom diagram orbital serta menentukan letak unsur dalam table periodik.


I.         Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.      Menjelaskan teori atom Niels Bohn
2.      Menjelaskan teori atom mekanika kuantum
3.      Menentukan bilangan kuantum (kemungkinan electron berada)
4.      Menggambarkan bentuk orbital
5.      Menjelaskan kulit dan sub kulit serta hubungannya dengan bilangan kuantum

II.      Tujuan
Peserta didik dapat
1.      Menjelaskan ide pokok dari teori atom Niels Bohr
2.      Menjelaskan ide pokok dari teori atom mekanika kuantum
3.      Menentukan bilangan kuantum yang diperbolehkan untuk keberadaan electron
4.      Mengidentifikasi bentuk orbital s, p dan d
5.      Menjelaskan hubungan kulit dan sub kulit dengan bilangan kuantum
-          Karakter siswa yang diharapkan :
-          Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
-          Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
-          Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

III.   Materi Ajar
-          Pengenalan ilmu kimia
-          Teori atom Bohr
-          Teori atom mekanika kuantum
-          Bilangan – bilangan kuantum
-          Bentuk orbital
-          Kulit dan sub kulit

IV.   Metode Pendekatan
-          Ceramah
-          Diskusi
-          Penugasan


Alokasi Waktu
6 Jam pelajaran

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
-          Memahami struktur atom dan meramalkan sifat – sifat periodic unsur, struktur molekul dan sifat – sifat senyawa
-          Menentukian bilangan kuantum dan bentuk orbital s, p, d dan f melalui diskusi kelas.
-          Siswa dapat Menjelaskan teori atom bohr dan mekanikal kuantum untuk menuliskan konfigurasi electron dan diagram orbital serta menentukan letak unsur dalam tabel periodik.

V.      Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama : (2 jam pelajaran)
Materi Ajar :
-          Radiasi electromagnet
-          Teori atom Niels Bohr
Kegiatan awal
-          Salam pembuka
-          Memeriksa kehadiran siswa / Perkenalan
-          Memperkenalkan program semester
-          Apersepsi
Di kelas X telah dipelajari perkembangan teori atom, mulai dari teori paling sederhana yang dikemukakan oleh John Dalton sampai teori modern yang disebut teori atom mekanika kuantum. Apakah kamu masih ingat ide pokok dalam masing – masing teori tersebut? Sekarang kita akan membahas lebih jauh tentang teori atom Niels Bohr dan teori atom mekanika kuantum. Kita akan membahas fakta – fakta eksperimen yang mendasari kedua teori atom itu sehingga kita dapat memahaminya secara utuh.
-          Motivasi
Berdasarkan teori atom mekanika kuantum, kita dapat memahami sifat – sifat unsur dalam system periodic serta pembentukan ikatan kimia.

Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
-          Membahas sifat radiasi electromagnet dan teori atom Niles Bohr sesuai dengan LKS 1.1. dan LKS 1.2. (nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja Keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);



Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
-          Diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa :
-          Menyimpulkan tentang hal – hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi).
-          Menjelaskan tentang hal – hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan : Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan).
Kegiatan Akhir
-          Menyimpulkan ide pokok dalam teori kuantum Max Planck dan teori atom Niels Bohr (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan Kedua : (2 jam pelajaran)
Materi Ajar :
-          Teori atom mekanika kuantum
Bilangan – bilangan kuantum
Bentuk orbital
Kulit dan sub kulit
Kegiatan awal (5 menit)
-          Salam pembuka
-          Memeriksa kehadiran siswa
-          Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR
Kegiatan Inti (65 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
-          Membahas Teori atom mekanika kuantum sesuai dengan LKS 1.3 (yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya) dalam diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja Keras, Toleransi, asa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli Lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan ekplorasi, guru :
-          Diskusi (nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja Keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa :
-          Menyimpulkan tentang hal – hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja Keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi);
-          Menjelaskan tentang hal – hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung jawab, Peduli lingkungan).
Kegiatan Akhir (10 menit)
-          Menyimpulkan inti pembahasan/diskusi. (nilai yang ditamankan : Jujur, Kerja Keras, Toleransi, Rasa Ingin Tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan).
-          Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya (supaya mengerjakan uji kompetensi) (nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja Keras, Toleransi Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli Lingkungan).

Pertemuan Ketiga : (2 jam pelajaran)
Kegiatan awal (5 menit)
-          Salam pembuka
Kegiatan inti (65 menit)
Elaborasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
-          Ulangan (nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja Keras, Toleransi Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli Lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa
-          Menyimpulkan tentang hal – hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja Keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi);
-          Menjelaskan tentang hal – hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan : Menghargai prestasi, Tanggung jawab, Peduli lingkungan).
Kegiatan Akhir (10 menit)
-          Menyampaikan tugas untuk pertemuan berikutnya, yaitu LKS 1.4. (nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja Keras, Toleransi Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli Lingkungan);

VI.   Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia, model
VII.Penilaian
A.    Teknik                                 :  Tugas Individu, Kuis, Ulangan Harian
B.     Bentuk Instrumen               :  Uraian singkat
C.     Contoh Bentuk Instrumen
1.      Jelaskan teori Atom Bohr!
2.      Konfigurasi electron dapat di tetapkan dengan menggunakan prinsip Aufbau, Aturan Hund dan Larangan Pauli. Terangkan dengan jelas ketiga aturan tersebut!
3.      Tentukan periode dan golongan dari unsur berikut :
a.       X : IS2 2S2 2p6 3S1
b.      Y : IS2 2S2 2P6 3S2 3P4
c.       Z : [Kr] 4S2 3d5
4.      Diketahui nomor atom unsur X = 27
Tentukanlah :
a.       Konfigurasi electron
b.      Bilangan kuantum
5.      Termasuk kedalam golongan dan periode beberapa unsur X pada soalno : 4!

                                                                                                            Pemalang, ............................20......
Mengetahui Kepala Sekolah                                                                 Guru Mata Pelajaran




.............................................                                                                 .....................................................

NIP.                                                                                                       NIP.                                          

No comments:

Post a Comment